Sistem Pergaulan Dalam Islam

Banyak orang berlebihan menggunakan istilah an-nizhâm al-ijtimâ‘î untuk menyebut seluruh peraturan kehidupan bermasyarakat. Penggunaan istilah ini salah. Istilah yang lebih tepat untuk menyebut peraturan kehidupan bermasyarakat adalah anzhimah al-mujtama‘ (sistem sosial). Sebab sistem ini hakikatnya mengatur seluruh interaksi yang terjadi dalam suatu masyarakat tertentu tanpa memperhatikan ada-tidaknya aspek ijtimâ‘ (pergaulan/pertemuan pria-wanita, pen). Dalam sistem sosial, tidaklah diperhatikan adanya ijtimâ‘, karena yang dilihat hanyalah interaksi-interaksi yang ada. Dari sini, muncullah berbagai macam peraturan (sistem) yang bermacam-macam sesuai jenis dan perbedaan interaksinya, yang mencakup aspek ekonomi, pemerintahan, politik, pendidikan, pidana, mu’amalat, pembuktian, dan lain sebagainya. Dengan demikian, penggunaan istilah an-nizhâm al-ijtimâ‘î untuk menyebut sistem sosial tidaklah beralasan dan tidak sesuai dengan fakta. Lebih dari itu, kata al-ijtimâ‘î adalah kata sifat bagi sistem (nizham). Pengertiannya, sistem tersebut dibuat hendaknya untuk mengatur berbagai problem yang muncul dari ijtimâ‘ (pergaulan/pertemuan pria-wanita, pen) atau berbagai interaksi (‘alaqah) yang timbul dari ijtimâ‘ tersebut.

Pergaulan (ijtima’) seorang pria dengan sesama pria atau seorang wanita dengan sesama wanita tidak memerlukan peraturan. Sebab, pergaulan sesama jenis tidak akan menimbulkan problem ataupun melahirkan berbagai interaksi yang mengharuskan adanya seperangkat peraturan. Pengaturan kepentingan di antara keduanya hanyalah memerlukan sebuah peraturan (nizham) karena faktanya mereka hidup bersama dalam satu negeri, sekalipun mereka tidak saling bergaul.

Adapun pergaulan antara pria dan wanita atau sebaliknya, maka itulah yang menimbulkan berbagai problem yang memerlukan pengaturan dengan suatu peraturan (nizham) tertentu. Pergaulan pria wanita itu pulalah yang melahirkan berbagai interaksi yang memerlukan pengaturan dengan suatu peraturan tertentu. Maka peraturan pergaulan pria-wanita seperti inilah sesungguhnya yang lebih tepat disebut sebagai an-nizhâm al-ijtimâ‘î. Alasannya, sistem inilah yang pada hakikatnya mengatur pergaulan antara dua lawan jenis (pria dan wanita) serta mengatur berbagai interaksi yang timbul dari pergaulan tersebut.

Oleh karena itu, pengertian an-nizhâm al-ijtimâ‘î dibatasi hanya untuk menyebut sistem yang mengatur pergaulan pria-wanita dan mengatur interaksi/hubungan yang muncul dari pergaulan tersebut, serta menjelaskan setiap hal yang tercabang dari interaksi tersebut. An-nizhâm al-ijtimâ‘î tidak mengatur interaksi yang muncul dari kepentingan pria-wanita dalam masyarakat. Maka aktivitas jual-beli antara pria dan wanita atau sebaliknya, misalnya, termasuk ke dalam kategori sistem sosial (anzhimah al-mujtama‘), bukan termasuk dalam an-nizhâm al-ijtimâ‘î. Sementara itu, larangan ber-khalwat (berdua-duaan antara pria dan wanita), kapan seorang istri memiliki hak mengajukan gugatan cerai, atau sejauh mana seorang ibu memiliki hak pengasuhan anak, termasuk dalam kategori an-nizhâm al-ijtimâ‘î.

Atas dasar inilah, an-nizhâm al-ijtimâ‘î didefinisikan sebagai sistem yang mengatur pergaulan pria dan wanita atau sebaliknya serta mengatur hubungan/interaksi yang muncul dari pergaulan tersebut dan segala sesuatu yang tercabang dari hubungan tersebut.

Pemahaman masyarakat, lebih-lebih kaum Muslim, terhadap sistem pergaulan pria wanita (an-nizhâm al-ijtimâ‘î) dalam Islam mengalami kegoncangan dahsyat. Pemahaman mereka amat jauh dari hakikat Islam, dikarenakan jauhnya mereka dari ide-ide dan hukum-hukum Islam. Kaum Muslim berada di antara dua golongan. Pertama, orang-orang yang terlalu melampaui batas (tafrith), yang beranggapan bahwa termasuk hak wanita adalah berdua-duaan (berkhalwat) dengan laki-laki sesuai kehendaknya dan keluar rumah dengan membuka auratnya dengan baju yang dia sukai. Kedua, orang-orang yang terlalu ketat (ifrath), yang tidak memandang bahwa di antara hak wanita ialah melakukan usaha perdagangan atau pertanian. Mereka pun berpandangan bahwa wanita tidak boleh bertemu dengan pria sama sekali, dan bahwa seluruh badan wanita adalah aurat termasuk wajah dan telapak tangannya.

Karena adanya sikap dua golongan ini, yakni yang terlalu melampaui batas dan yang terlalu ketat, runtuhlah akhlak dan muncullah kejumudan berpikir. Akibatnya, timbul keretakan dalam interaksi sosial dan kegelisahan di tengah keluarga-keluarga muslim. Timbul pula banyak kemarahan dan keluhan di antara anggota keluarga serta berbagai perselisihan dan permusuhan di antara mereka.

Oleh karena itu, muncullah perasaan perlu untuk menciptakan keluarga yang utuh dan bahagia yang memenuhi jiwa seluruh kaum Muslim. Upaya untuk mencari solusi guna mengatasi problem inipun telah menyibukkan pikiran banyak orang. Muncullah berbagai macam upaya untuk mengatasi problem ini. Ada yang menulis buku-buku yang menjelaskan pemecahan problem interaksi pria-wanita dan memasukkan beberapa koreksi atas undang-undang peradilan agama atau undang-undang pemilu. Banyak juga pihak yang berupaya menerapkan pendapat-pendapatnya pada keluarga mereka sendiri, seperti isteri, saudara perempuan, dan anak-anak perempuan mereka. Ada pula kalangan yang memasukkan beberapa koreksi atas peraturan sekolah dengan memisahkan siswa laki-laki dan siswa perempuan.

Demikianlah, telah lahir berbagai upaya yang beraneka ragam. Akan tetapi, seluruh upaya mereka itu belum menghasilkan pemecahan dan belum berhasil menemukan suatu sistem pergaulan pria-wanita. Mereka belum pula menemukan satu jalan pun untuk melakukan perbaikan. Hal ini terjadi karena sebagian besar kaum Muslim tidak memahami masalah hubungan antar dua lawan jenis: laki-laki dan perempuan. Akibatnya mereka tidak mengetahui metode yang memungkinkan kedua lawan jenis itu untuk tolong menolong sehingga menghasilkan kebaikan bagi umat dengan adanya tolong menolong itu. Mereka benar-benar tidak memahami ide-ide dan hukum-hukum Islam yang berkaitan dengan pergaulan pria wanita.

Faktor inilah yang menjadikan mereka sibuk berdiskusi dan berdebat seputar metode untuk mengatasi persoalan dan malah terjauhkan dari mengkaji hakikat persoalan yang sebenarnya. Keresahan dan kegoncangan pun semakin menjadi-jadi akibat upaya-upaya mereka. Timbullah di masyarakat sebuah jurang yang dikhawatirkan mengancam eksistensi umat Islam, sebagai satu umat yang unik dengan berbagai karakter-karakter khasnya. Dikhawatiran rumah tangga Islam akan kehilangan identitas keislamannya dan kehilangan kecemerlangan pemikiran Islam serta terjauhkan dari penghormatan akan hukum-hukum dan pandangan-pandangan Islam.

DAFTAR ISI

  1. Mukadimah
  2. Pria dan Wanita
  3. Pengaruh Pandangan Terhadap Hubungan Pria dan Wanita
  4. Pengaturan Hubungan Pria dan Wanita
  5. Kehidupan Khusus
  6. Kewajiban Memisahkan Pria dan Wanita dalam Kehidupan Islam
  7. Melihat Wanita
  8. Wanita Muslimah Tidak Wajib Menutup Wajahnya
  9. Kedudukan Wanita dan Pria di Hadapan Syariah
  10. Aktivitas Kaum Wanita
  11. Jamaah Islam
  12. Pernikahan
  13. Wanita-wanita Yang Haram Dinikahi
  14. Poligami
  15. Pernikahan Nabi SAW
  16. Kehidupan Suami Isteri
  17. ‘A z l.
  18. Talak
  19. Nasab
  20. Li’an
  21. Perwalian Ayah
  22. Pengasuhan Anak
  23. Silaturahim

 

Unduh Kitab Sistem Pergaulan Dalam Islam (Cetakan ke 6) di sini :

 

 Untuk Edisi bahasa Arab bisa diunduh di sini:

 

 

Print Friendly

Baca juga :

  1. Sistem Islam Atasi Pergaulan Bebas
  2. Pergaulan Bebas Remaja Semakin Liar, Orang Tua Khawatir
  3. BAB IV SISTEM PERGAULAN ISLAM Laki-Laki dan Perempuan Bekerjasama untuk Meraih Keridhaan Allah SWT
  4. Peran Dunia Pendidikan dalam Menyelamatkan Generasi Muda dari Pergaulan Bebas
  5. Peran Politik Perempuan dalam Sistem Islam (Khilafah) Vs Sistem Demokrasi
     

Comments

  1. Alhamdulillah.
    Buku luarbiasa yang menunjukkan Islam Punya Solusi…

  2. u know what? waktu gw masih sekolah SD, SMP ampe SMA kaga pernah diajarin tentang tata cara pergaulan dalam islam.
    di SMA belajar Islam sih jalan, tapi jalan bareng ma yg bukan mahram tetep, berdua-duaan ma anak gadis org juga jalan, campur baur di pesta ultah, perpisahan n reuni juga jalan.
    waduh, ternyata selama gw cuma dibego-begoin disekolah. awas lu yah sekolah, ntar gw lapor ma pemerintah supaya sistem n kurikulum pendidikan loe pade diganti dengan sistem n kurikulum pendidikan islam. loh, emangnya pemerintah peduli? Kayaknya engga deh.

  3. assalamu”alaikum…….
    alhamdulilah dari bku ini qt bisa dapat jawaban yang pas bagaimana islam bicara, kita dapat mengetahui prinsip2 pergaulan tapi klo d pikir2 sy si sprt Unostate Unorule itu dlu cuma d boongin aja ama yang namae pelajaran agama islam,katae d ajari tap ngak tahunya aq ndaj bisa apa2, maksudnya merasa dah alim bahkan katanya aku termasuk orang yang alim an bagus sholatnya tapi sayang yang ngatakan itu ternyata PACAR saya, anehkan sy an pacar sy(mantan) dah tahu pacaran itu dosa kok masih maunya mangil aku alim segala……….astaugfirllah,utungaku sekarang dah ngaji and bangun dari tidur………..

  4. Alhamdulillah..
    Thx God for I found U
    Jazakumullahu khairan katsiran
    U change my mind
    dari gelap menuju terang
    he…..

  5. alhamdulillah,..
    buku ini wajib dibaca khususnya kawula muda biar tidak gaul bebas

  6. heran dengan sikap umat islam arab terhadap suadaranya dipalestine……….terutama arab saudi yang nota bene adalah kiblat ummat islam…arab saudi seakan tidak peduli dengan palestine malah kita yang jauh yang berteriak-teriak…..padahal negara arab kaya2 lho. kenapa mereka tidak mampu menhadapi satu israel….coba beli aja bom atom ke rusia atau kemana gitu n jatuhkan bom pasti israel yang congkak akan bertekuk lutut…….ayooooo melek mata dan melek hati bantu dengan kekuatan senjata juga gitu lo

  7. terapkan syari’ah tegakan khilafah

  8. Subhanallah, buku ini sangat bagus. Inilah buku yang berisi aturan pergaulan bagi manusia yang beradab.Mana ada aturan lain yang sehebat ini?inilah aturan Islam,aturan dari Allah swt. Yang lain?lewat aja dech!kapitalis?bisa apa? selain menjadikan manusia bebas bergaul laki-laki dan perempuan tanpa ada batas, malah menjadi lebih rendah dari binatang.

  9. Ada yang bertanya kepada saya,
    Bgmn nizham ijtima’i dlm islam? sy belum pernah membahas rinci kitab itu, tp sdh pernah baca2 dikit, banyak teman yg beda persepsi tentang batasannya. bgmn antum memandang ini ? mohon dijawab dg hujjah yg jelas, jangan sekadar asumsi.. (Penjabaran kasuistisnya :) Apa hukumnya, diskusi dg yg bukan muhrim.. apakah memang tak boleh ber’amar ma’ruf nahyi munkar dg yg bukan muhrim ?
    Jawabannya di http://www.rumi-moslem.blogspot.com

  10. Saya hamba Allah 28 th sudah dimuslimkan orang tua sejak lahir, bahkan pendidikkan pesantrenpun pernah saya enyam. Tapi…. saya baru mengenal islam secara kaffah setelah Allah SWT memperkenalkan saya dengan kendaraan dakwah bernama HTI. Subhanallah…. ternyata detail kehidupan kita diatur oleh-Nya termasuk dalam hal Sistem Pergaulan, ampuni hamba ya Allah atas kesederhanaan hamba dalam memahami islam selama ini.
    Iman Solihin (Cicurug Sukabumi)

  11. semoga Allah SWT tidak memasukan ana & fren ke dalam golongan orang-orang yang membangkang setelah ana dikasih petunjukNya.
    Amin.

  12. semoga dengan andanya buku ini memberikan pencerahan bagi umat muslim tentang bagaimana cara bertindak dan berperilaku dalam hubungan sosial yang sesuai dengan tuntunan syariah.

  13. di kitab ini di bahas secara tuntas aktivitas akhwat-ikhwan.. kitab ini jd formulasi.. untuk membangun kontruksi pergaulan islam secara luas…

    om taqy.. nuhun^^

  14. alhamdulillah,,baru download :)

  15. aslm
    semoga buku ini bermanfaat bagi saya khususnya. dan untuk seluruh pemuda-pemudi islam dalam bacalah buku ini. dijamin keren deh

  16. Alhamdulillah,Dekan bk ini saya bisa pergaulan dalam islam secara detail.

  17. syukran katsiran atas buku gratisnya… :)

  18. Alhamdulillah, setelah ana baca buku ini.. ana jadi tw tentang bangaimana pergaulan dalam islam….

  19. moga khilafah capat tegak…. ana merindukannya…

  20. alhamdullilah saya ingin berubah ya ALLAH SWT

  21. Alhamdulillah, bukunya sangat bermanfaat

  22. -wajib baca bagi setiap akhwat dan ikhwan-

  23. What a great book….Subhanallah….

  24. Subhanalloh….
    Semoga yang menyediakan buku dan membacanya dibalas oleh Alloh SWT dengan pahala yang berlipat ganda….
    Allahu Akbar!!!

  25. dengan diterbitkan buku ini dapat membawa pada perubahan dalam pergaulan yang saat ini sudah diluar dari ketentuan islam. orang tua sadar apa yang saat ini dilakukan terhadap anaknya dalam begaul sudah sesuai dengan aturan islam

  26. subhanallah….. buku ini harus di masukkan dalam kurikulum pendidikan untuk di ajarkan di setiap jenjang, agar masyarkat tahu terutama para pendidik bahwa antara laki2 dan wanita mempunyai kehidupan khusus dan umum, tidak bercampur baur seperti sekolah sekarang tempat duduk di isi laki dan perempuan dalm satu.

  27. baru tau site ni… kerenlah, nizhomul ugubatnya donk

  28. assalamualaikum………..

    inilah sistem islam yang sangat luar biasa

    yang mengatur semua aspek kehidupan, salah satunya sistempergaulan

  29. At-Takatul Al-Hizbi disini namanya apa?

  30. subhanallah…be inspiration

  31. Ya Allah..,ya robb jadikanlah hamba termasuk ke dalam orang-orang yang mengerti akan islam secara kaffah…,amiiin

  32. buku2x keren abizzzzz

  33. pengen baca, paham, ngerti n mengamalkan

  34. ustad, Ga bisa didonlod lagi, errorr 404, file not found. mohon dicek ulang. jazakaLlah, khoiron

  35. Ini marupakan salah satu pedoman yang wajib diamalkan umat islam, alhamdulillah saya sudah memilikinya dan semoga Allah memberikan kekuatan kepada saya untuk mengamalkannya, aamiin

  36. Islam adalah solusi bagi bobroknya moral Bangsa

  37. asalamualaikum kenapa buku sistem pergaulan islam tidak bisa di download?

  38. Assalamu’alaikum wr wb.
    Terima kasih kepada HTI tlah menyediakan buku2 yg bisa did.load,namun buku ttng Sistem Pergaulan Dalam Islam smpai saat ini belum bisa saya d.load. Bagaimana caranya ? Hampir tiap hari saya lakukan, tapi jawaban selalu ERROR
    Jazakumullahul khairul jaza, amin.
    Mohon jawaban ke e-mail saya

  39. Saya perlu buku nizh ijtima’iy ini untuik referensi, tapi tidak bisa didownload. Ada teman2 yang sudah download? Bisa dicopy? Syukron

  40. assalamu’alaikum…
    subhanallah buku yg sangat menginsfirasi.
    syukron untuk HTI

  41. terima kasih ya Allah, Engkau pertemukan n kenalkan aku dengan HTI

  42. Assalaamu’alaikum….
    mohon ijin mendownload, memposting d blog saya dan menyebarkan kepada teman2 saya…dengan tanpa mengurangi dan mengubah dari aslinya

  43. Alhamdulillah, semoga Allah segera mewujudkan adanya Khilafah.

  44. bagi2 buku gratis, panen pahala….
    ditunggu terjemahan syakhsiyah jilid 2 ust…. syukran

  45. Buku yang bisa di doundload kalau blh diperbanyak
    biar para pendukung syariah dan khilafa semakin faham dan lebih meluas ke semua orang oei

  46. Khilafah ISLAM lebih cepat lebih baik.

  47. Allahu akbar……Allahu akbar….
    wahai sabab diseluruh indonesia mari kita tingkat kan semangat kita dalam menegakan syariat islam di bumi kita tercinta ini ,jangan takut wahai kaum muslimin dari kekejaman as,mari kita lawan mereka dan mari kita menerap kan khilafah karena dengan khulafah umat bisa hidup sejah tera Allahu akbar

  48. afwan dimn saya mesti pesan jika ingin membelinya?

  49. Alhamdulillah….
    sungguh bermanfaat postingan ini.

  50. alhamdulillah.. baru download.. semoga saya mampu mengaplikasikan.. ^^

  51. hummmmmmmmmmmmmmmmmmmm…
    pembahasan buku yang sangat wajib di baca untuk kaula muda.
    Yang hobiny bikin aturan sendiri, n menganggap semuanya benar,,,,

  52. Subhanalloh !!!
    Selama saya mengkaji kitab ini sebagai syabab, merasakan sebuah perubahan terhadap pemahaman dalam berpikir dan penerapan syariat Islam dalam kehidupan sehari -hari

  53. Alhamdulillah, terimakasih sudah mau berbagi ilmu.

  54. Buku yang sangat inspiratif utk dpt dipraktekkan dlm keseharian sehingga menjadikan gaya hidup yang lurus selama kita hidup bersosialisasi dengan masyarakat didunia ini, terima kasih telah mencerahkan pemikiran saya

  55. benar-benar buku dengan solusi brilian dan cemerlang

  56. link broken… tolong benerin… makasih

  57. ni koq gak bisa didownload.jzklh

  58. Kok gak bisa didownload ya…katanya not found

  59. knapa ngga bsa di download,ktanya not found klo di download

  60. saya harap situs ini bisa menambah koleksi buku yang terbaik dan terupdate.