Apa Itu Khilafah?

  • Khilafah adalah kepemimpinan umum bagi seluruh kaum Muslim di dunia. Khilafah bertanggung jawab menerapkan hukum Islam, dan menyampaikan risalah Islam ke seluruh muka bumi. Khilafah terkadang juga disebut Imamah; dua kata ini mengandung pengertian yang sama dan banyak digunakan dalam hadits-hadits shahih.
  • Sistem pemerintahan Khilafah tidak sama dengan sistem manapun yang sekarang ada di Dunia Islam. Meskipun banyak pengamat dan sejarawan berupaya menginterpretasikan Khilafah menurut kerangka politik yang ada sekarang, tetap saja hal itu tidak berhasil, karena memang Khilafah adalah sistem politik yang khas.
  • Khalifah adalah kepala negara dalam sistem Khilafah. Dia bukanlah raja atau diktator, melainkan seorang pemimpin terpilih yang mendapat otoritas kepemimpinan dari kaum Muslim, yang secara ikhlas memberikannya berdasarkan kontrak politik yang khas, yaitu bai’at. Tanpa bai’at, seseorang tidak bisa menjadi kepala negara. Ini sangat berbeda dengan konsep raja atau dictator, yang menerapkan kekuasaan dengan cara paksa dan kekerasan. Contohnya bisa dilihat pada para raja dan diktator di Dunia Islam saat ini, yang menahan dan menyiksa kaum Muslim, serta menjarah kekayaan dan sumber daya milik umat.
  • Kontrak bai’at mengharuskan Khalifah untuk bertindak adil dan memerintah rakyatnya berdasarkan syariat Islam. Dia tidak memiliki kedaulatan dan tidak dapat melegislasi hukum dari pendapatnya sendiri yang sesuai dengan kepentingan pribadi dan keluarganya. Setiap undang-undang yang hendak dia tetapkan haruslah berasal dari sumber hukum Islam, yang digali dengan metodologi yang terperinci, yaitu ijtihad. Apabila Khalifah menetapkan aturan yang bertentangan dengan sumber hukum Islam, atau melakukan tindakan opresif terhadap rakyatnya, maka pengadilan tertinggi dan paling berkuasa dalam sistem Negara Khilafah, yaitu Mahkamah Mazhalim dapat memberikan impeachment kepada Khalifah dan menggantinya.
  • Sebagian kalangan menyamakan Khalifah dengan Paus, seolah-olah Khalifah adalah Pemimpin Spiritual kaum Muslim yang sempurna dan ditunjuk oleh Tuhan. Ini tidak tepat, karena Khalifah bukanlah pendeta. Jabatan yang diembannya merupakan jabatan eksekutif dalam pemerintahan Islam. Dia tidak sempurna dan tetap berpotensi melakukan kesalahan. Itu sebabnya dalam sistem Islam banyak sarana check and balance untuk memastikan agar Khalifah dan jajaran pemerintahannya tetap akuntabel.
  • Khalifah tidak ditunjuk oleh Allah, tetapi dipilih oleh kaum Muslim, dan memperoleh kekuasaannya melalui akad bai’at. Sistem Khilafah bukanlah sistem teokrasi. Konstitusinya tidak terbatas pada masalah religi dan moral sehingga mengabaikan masalah-masalah sosial, ekonomi, kebijakan luar negeri dan peradilan. Kemajuan ekonomi, penghapusan kemiskinan, dan peningkatan standar hidup masyarakat adalah tujuan-tujuan yang hendak direalisasikan oleh Khilafah. Ini sangat berbeda dengan sistem teokrasi kuno di zaman pertengahan Eropa dimana kaum miskin dipaksa bekerja dan hidup dalam kondisi memprihatinkan dengan imbalan berupa janji-janji surgawi. Secara histories, Khilafah terbukti sebagai negara yang kaya raya, sejahtera, dengan perekonomian yang makmur, standar hidup yang tinggi, dan menjadi pemimpin dunia dalam bidang industri serta riset ilmiah selama berabad-abad.
  • Khilafah bukanlah kerajaan yang mementingkan satu wilayah dengan mengorbankan wilayah lain. Nasionalisme dan rasisme tidak memiliki tempat dalam Islam, dan hal itu diharamkan. Seorang Khalifah bisa berasal dari kalangan mana saja, ras apapun, warna kulit apapun, dan dari mazhab manapun, yang penting dia adalah Muslim. Khilafah memang memiliki karakter ekspansionis, tapi Khilafah tidak melakukan penaklukkan wilayah baru untuk tujuan menjarah kekayaan dan sumber daya alam wilayah lain. Khilafah memperluas kekuasaannya sebagai bagian dari kebijakan luar negerinya, yaitu menyebarkan risalah Islam.
  • Khilafah sama sekali berbeda dengan sistem Republik yang kini secara luas dipraktekkan di Dunia Islam. Sistem Republik didasarkan pada demokrasi, dimana kedaulatan berada pada tangan rakyat. Ini berarti, rakyat memiliki hak untuk membuat hukum dan konstitusi. Di dalam Islam, kedaulatan berada di tangan syariat. Tidak ada satu orang pun dalam sistem Khilafah, bahkan termasuk Khalifahnya sendiri, yang boleh melegislasi hukum yang bersumber dari pikirannya sendiri.
  • Khilafah bukanlah negara totaliter. Khilafah tidak boleh memata-matai rakyatnya sendiri, baik itu yang Muslim maupun yang non Muslim. Setiap orang dalam Negara Khilafah berhak menyampaikan ketidaksetujuannya terhadap kebijakan-kebijakan negara tanpa harus merasa takut akan ditahan atau dipenjara. Penahanan dan penyiksaan tanpa melalui proses peradilan adalah hal yang terlarang.
  • Khilafah tidak boleh menindas kaum minoritas. Orang-orang non Muslim dilindungi oleh negara dan tidak dipaksa meninggalkan keyakinannya untuk kemudian memeluk agama Islam. Rumah, nyawa, dan harta mereka, tetap mendapat perlindungan dari negara dan tidak seorangpun boleh melanggar aturan ini. Imam Qarafi, seorang ulama salaf merangkum tanggung jawab Khalifah terhadap kaum dzimmi: “Adalah kewajiban seluruh kaum Muslim terhadap orang-orang dzimmi untuk melindungi mereka yang lemah, memenuhi kebutuhan mereka yang miskin, memberi makan yang lapar, memberikan pakaian, menegur mereka dengan santun, dan bahkan menoleransi kesalahan mereka bahkan jika itu berasal dari tetangganya, walaupun tangan kaum Muslim sebetulnya berada di atas (karena faktanya itu adalah Negara Islam). Kaum Muslim juga harus menasehati mereka dalam urusannya dan melindungi mereka dari ancaman siapa saja yang berupaya menyakiti mereka atau keluarganya, mencuri harta kekayaannya, atau melanggar hak-haknya.”
  • Dalam sistem Khilafah, wanita tidak berada pada posisi inferior atau menjadi warga kelas dua. Islam memberikan hak bagi wanita untuk memiliki kekayaan, hak pernikahan dan perceraian, sekaligus memegang jabatan di masyarakat. Islam menetapkan aturan berpakaian yang khas bagi wanita – yaitu khimar dan jilbab, dalam rangka membentuk masyarakat yang produktif serta bebas dari pola hubungan yang negatif dan merusak, seperti yang terjadi di Barat.
  • Menegakkan Khilafah dan menunjuk seorang Khalifah adalah kewajiban bagi setiap Muslim di seluruh dunia, lelaki dan perempuan. Melaksanakan kewajiban ini sama saja seperti menjalankan kewajiban lain yang telah Allah Swt perintahkan kepada kita, tanpa boleh merasa puas kepada diri sendiri. Khilafah adalah persoalan vital bagi kaum Muslim.
  • Khilafah yang akan datang akan melahirkan era baru yang penuh kedamaian, stabilitas dan kemakmuran bagi Dunia Islam, mengakhiri tahun-tahun penindasan oleh para tiran paling kejam yang pernah ada dalam sejarah. Masa-masa kolonialisme dan eksploitasi Dunia Islam pada akhirnya akan berakhir, dan Khilafah akan menggunakan seluruh sumber daya untuk melindungi kepentingan Islam dan kaum Muslim, sekaligus menjadi alternatif pilihan rakyat terhadap sistem Kapitalisme. (hti)

Print Friendly

Baca juga :

  1. Kajian Cermin Wanita Sholihah Spesial Muktamar Khilafah Jakarta “Perubahan Besar Dunia Menuju Khilafah”
  2. Dalam Khilafah, Non-Muslim Pun Sejahtera
  3. Ikhwanul Muslimin di Yordania Tidak Ingin Khilafah Islam
  4. Kebijakan Khilafah Terhadap Perayaan Keagamaan Orang-orang Kafir
  5. Menlu Rusia: Tujuan Para Pejuang Revolusi Adalah Tegaknya Khilafah
     

Comments

  1. mas…tolong diperjelas system baiat dalam menentukan pemilihan pemimpin….bagaimana hal itu dirincikan dalam ijtihad ulama??? saya masih blm ada ilmu ttg itu……..karena masih banyak paham demokrasi menjadi racun untuk menghancurkan pemahaman islam dan syariat…demokrasi memilih dalam penujukan masarakat sekarang dipilih langsung…(indonesia) dalam syariat islam sendiri bagaimana????

  2. khilafah merupakan PR bagi umat muslim yang hrs segera diselesaikan.bagaimana kita ingin menyelamatkan saudara kita di palestina jika kita sbg muslim belum bersatu dalam naungan daulah khilafah?sadarlah wahai ikhwafillah!!!umat islam telah terlalu lama tertidur,,,

  3. ini adalah pertanyaan sodaraq yang agamane nasrani tapi terima kasih udah ada artikel tentang khilafah

  4. Sudah saatnya ummat Islam untuk menegakan Khilafah Islamiyyah.Bersatunya kaum Muslimin dibawah panji Khilafah akan mampu menggetarkan dan menakutkan musuh musuh Islam. Bagaimana kalau saya usulkan, untuk membaiat Perdan Mentri Palestina Ismail Haniyah sebagai Khalifah, agar ummat ini segera dapat bersatu melawan musuh2 Islam, maaf ini baru usulan saja.

  5. Khilafah adalah sistem sempurna yang diridoi oleh Allah swt.untuk menjawab ketimpangan keadaan yang disbabkan oleh sistem kapitalis dan sosialis.Harusnya memang itu adalah sebuah jawaban yang jitu menjawab semua persoalan manusia di dunia. kecacatan sistem kapitalis dan sosialis sudah terbuka lebar.

  6. Ayu segera Tegakkan Khilafah

  7. Nizhaam al-Hukmi fii al-Islaam..

  8. memang barat telah kelimpungan menghadapi masalah dunia yang semakin bertambah seiring solusi mereka tambah, ayo para pakar, Profesor, Doktor dan pemikir kapitalis berjuanglah sampai kalian menemukan bahwa solusi dari ilmu kalian tidak berhasil hanya mendapatkan keletihan, kelelahan setelah itu kembalilah ke solusi islam. kami dengan tangan terbuka menerima!!!!

  9. sebagai Muslim apa hal yg terbaik yg kita lakukan demi tegaknya khilafah, karena kita tdk akan lama lagi akan menghadapi pemilu, sementara banyak partai (Terutama partai Islam) yang tdk mencerminkan sistim kepemimpinan Khilafah

  10. Semoga Alloh memberikan petunjuk untuk mempercepat tegaknya Khilafah ISlamiyah …

  11. Khilafah……
    Itu yang dijanjikan oleh Allah pada umat Rasulullah yang gigih berjuang di jalan-Nya. Jangan ragu akan kehadirannya, jangan malu untuk menyebarkannya, jangan putus asa dalam mengembannya dan patutlah berbangga bila masih bisa merasakan keindahannya.
    Allah selalu bersama orang-orang yang istiqomah. Allahu Akbar!

  12. smoga Allah memeberikan kekuatan pada calon2 khalifah qt..

  13. sungguh……!Alloh meridhoi orang2 yang berjihad untuk menegakkan syariat islam di buminya….!
    Namun bagaimana orang2 akan menerima sistem khilafah ini…?
    sementara mereka telah teracuni oleh sistem2 pemerintahan
    yang telah menyatu dengan jiwanya?

  14. Khilafah adalah kehormatan Kaum Muslimin, tanpa Khilafah maka ummat Islam akan “terhina” (bodoh, miskin dan tertindas).
    oleh karena itu ngga ada lagi solusi yang paling tepat selain kita kembalikan lagi segala urusan kehidupan kepada Allah swt melalui KHILAFAH (aturan kehidupan yang dibuat langsung oleh Dzat Yang Maha Tahu atas kehidupan, Allah swt).
    walaupun begitu Khilafah tidak didisain hanya untuk berdampak kepada ummat Islam saja, namun untuk mengatur semua sisi kehidupan (penyempurnaan akhlak antar manusia, perawatan dan pengoptimalan Sumber Daya Alam sebgai fasilitas yang Allah swt berikan untuk senantiasa bersyukur kepada-Nya).

  15. Alloohu Akbar !!!!
    tetap tegakkan semangat Khilafah Islamiyah..untuk hidup yang lebih baik.

  16. sistem khilafah adalah sistem yang mengikuti metode kenabian jadi umat islam wajib menegakkan khilafah yang akan menerapkan hukum-hukum Allah swt….

  17. Khhilafah? Salah satu dari sekian banyak bukti betapa Allah sangat menyayangi semua hamba-Nya, sampai-sampai Dia turunkan seperangkat sistem dimana kita bisa hidup dalam keharmonisan dan keadilan…
    Tiada kata untuk menolak berdirinya khilafah!
    Keep hamasah!

  18. Syariaat Islam wajib kita tegakkan diseluruh dunia.. Amin

  19. Seandainya umat islam ini bersatu, satu tujuan,satu ikatan.
    tentu khilafah sudah tegak dulu.dan kalau peduduk negri ini beriman dan taqwa. Allah akan mengeluar berkah dari langit dan bumi.

  20. [...] NB :Bagi yg masih bingung, apa itu khilafah klik di sini [...]

  21. kira-kira kapan khilafah bisa diwujudkan?konsep yang sangat bagus

  22. Ya allah turunkanlah karuniamu,kami sangat rindu dengan pemimpin yang engkau ridhoi..apakh khalifah engkau yang memilih…?

  23. kapan khilafah tegak??? sistem yg bagus?

    khilafah akan tegak dari tangan2 kita yg insya Allah org2 yg ketika berdakwah krn keyakin… bagi pejuang tetap istiqomah,sabar dan ikhlas,,,

    sistem yg bagus klu tdk di promosikan tdk akan laku…krn itu butuh relawan yg siap menanggung resiko pilihan hidupnya…

  24. Marilah kita smua pejuang khilafah ikhlaskan hati dalam berjuang, agar Nasrullah cepat datangnya.
    Pejuang Khilafah tetap smangat.
    Khilafah akan segera tegak!
    Allahu Akbar!

  25. daulah khilafah harus segera kita perjuangkan untuk bisa merombak segala kerusakan yang telah ada dinegara ini

  26. w.e.l.c.o.m.e. ” KHILAFAH “

  27. Assalamualaikum, saya mau tanya apa perbedaanya antara kata Kholaqo dan Ja’ala dalam Al-quran ? syukron

  28. just one word, K H I L A F A H…..Allahuakbar!!!

  29. Apa yang harus kita lakukan agar khilafah segera tegak di muka bumi ini…………… semangat Allahu akbar

  30. ALLAHU AKBAR……..

    ALLAHU AKBAR……..

    ALLAHU AKBAR……….

  31. saya pernah dengar sistem khilafah, tapi saya masih bingung dan ragu ttg pemilihan khalifah. bagaimana di jaman yang sekuler dan banyak dicekoki paham kapitalis spt saat ini ada seorang khalifah yang bisa memimpin dan mengayomi umat sesempurna Rosul dan para Khulafaurrosidin.
    sekian terima kasih.

  32. khilafah is the answer..

  33. absolutely khilafah will be come true, trust to Allah swt. keep on move all my bru n sis

  34. Minta yang lengkapnya donk, … makasih.

  35. DUKUNG KHILAFAH!!! HANCURKAN MUSUH2 ISLAM!
    ALLAHUAKBAR!
    ALLAHUAKBAR!
    ALLAHUAKBAR!

  36. apa ini?

    konsep penerapannya gimana?
    GJB…
    kalo cm pengertian mah di situs lain banyak.
    Buat saya yang muslim jg tahu kalo cm ini aja…

    Btw, negara asal HT itu udah khilafah apa blim ya?
    tolong infonya

  37. Kalau sudah jelas begitu,…masih berharap pada kapitalisme, demokrasi???

  38. Just one for Indonesia…..

    Pancasila dan UUD 1945

  39. ALLAHUAKBAR…

  40. Saya pengen tau aja lebih dalam tentang khilafah, udah ada bukti belum yang menunjukan khilaf akan membawa masyarakat lebih sejahtera?

  41. ayo satukan umat muslim di dunia, hidupkan kembali ke Khalifahan…

  42. Assalamulaikum.. wr.wb.

    MERDEKA,,MERDEA,,MERDEKA…

    ALLAHUAKBAR,,ALLAHUAKBAR,,ALLAHUAKBAR…

    TEGAKKAN KHILAFAH & SYARIAT ISLAM DI INDONESIA…(kpan tegaknya).. NEGERA INDONESIA & UMAT ISLAM SNGAT MEMBUTUHKAN..LAMA KELAMAAN INDONESIA AKAN HANCUR TERKENA SISTEM KUFUR..

    MARILAH KITA TEGAKKAN KHILAFAH & SYARIAT,, UNTK MENUJU INDONESIA & UMUT ISLAM MENJADI LEBIH BAIK…

    Wassalamualaikum wr.wb.

  43. hanya dengan khilafah permasaalahan bangsa ini bisa diselesaikannya, tpi gimana caranya untuk bisa menerapkannya di negeri ini, begitu banyak penentangnya

  44. wahai….para mujahid/ah, marilah kita bersama-sama menjadi pemain untuk tegaknya daulah khilafah islamiyah,,,,,,
    ALLAHUAKBAR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KU RINDU KAN DATNGNYA khilafah di dunia ini….
    ku benci kan kapitalis,,,,demokrasi,,,,yang membwt umat jauh kan islam yang kaffah,,,,

  45. khilafah….kan ada…itu janji ALLAH,,,
    kapitalis,demokrasi…kan musnah,,,,
    mau jadi penonton atau pemain????
    marilah kita menyebarkan tentang islam yg KAFFAH.
    KARN DENGAN ADANYA IKATAN AQIDAH ISLAM….UMAT DAPAT DISATUKAN….BUKAN IKATAN NASIONALISME…IKATAN SUKUISME…IKATAN KEROHANIAN SEMATA MAUPUN IKATAN KEMASLAHAIAN….
    DENGAN DAKWAH JAMAAH DISELURUH DUNIA….KEMENAGAN KAN DITANGAN ISLAM!!!! JIHAD OPENSIF MAUPUN JIHAD DIPENSIF…..
    KHILAFAH….HARAPAN UMAT…
    SADARKAN UMAT KAN BAHAYANYA KAPITALISME(SEKULARISME) DAN DEMOKRASI……….

  46. seberapa besar keinginan anda untuk mendirikan khilafah Ala Minhaajin Nubuwwah. jika berdiri, maka dimana seorang khalifah harus tinggal, sementara dia harus mengontrol kondisi semua Ummat muslim di seluruh belahan bumi…!

  47. Adakah kau lupa
    Kita pernah berjaya
    Adakah kau lupa
    Kita pernah berkuasa

    Memayungi dua per tiga dunia
    Merentas benua melayari samudera
    Keimanan juga ketaqwaan
    Rahsia mereka capai kejayaan

    Bangunlah wahai anak bangsa
    Kita bina kekuatan jiwa
    Tempuh rintangan perjuangan

    Gemilang generasi yang silam
    Membawa arus perubahan
    Keikhlasan hati dan nurani
    Ketulusan jiwa mereka berjuang

    Sejarah telah mengajar kita
    Budaya Islam di serata dunia
    Membina tamadun berjaya
    Merubah mengangkat maruah

  48. @afifah afra : sangat setuju, bagaimana kita dapat melaksanakan Islam secara kaffah jika belum ada Daulah Khilafah Islamiyah sebagai wadah tegaknya syariat Islam.

  49. DEMOKRASI PASTI MATI! KHILAFAH PASTI TEGAK KEMBALI

  50. khilafah adalah suatu negara dimana sistem pemerintahanx adalah syariah islam. khilafah di pegang oleh kepala negara yang di sebut dengan khalifah. khilafah ALLAHU AKBAR…

  51. Khilafah itu harus realita bukan sekedar cita2 / wacana. Apa yg kita lakukan dan apa yg kita perjuangkan apalagi memperjuangkan Ad-din inin harus ada pemimpin/kholifahnya.Saat ini sudah ada seorang kholifah sudah realita dan bukan cita-cita , tinggal kita mau gabung apa enggak atw mau msh mau menutup telinga ????!!

  52. Segeralah segenap kaum muslimin di seluruh penjuru dunia menyadari akan kekeliruan sistem kenegaraan yang telah dan sedang diterapkan saat ini oleh pemerintah masing-masing. Hanya khilafahlah sistem yang menaungi dan melindungi ummat manusia baik muslim maupun non-muslim dari keburukan dan kebobrokan yang menimpa ummat manusia ini akibat diterapkannya sistem buatan manusia apa itu kapitalisme maupun sosialisme. Maka itu segeralah berjuang demi tegakknya NEGARA KHILAFAH ROSYIDAH ISLAMIYAH (NKRI)

  53. Subhanallah!
    Allahu Akbar!

  54. Bagaimana pendapat Hizbut Tahrir tentang Imam Mahdi, yang akan memimpin umat Islam di akhir zaman, apakah dipilih umat atau sudah dirancang-ditunjuk Allah?

  55. suksesi harus segera terjadi di negara ini, sudah mulai tidak terarah. harus ada sebuah sistem baru untuk perubahan.negara ini sudah pernah memakai semua sistem pemerintahan dan politik dan semuanya dinyatakan pailit. sudah saatnya kita kembali ke fitrah kita sebagai manusia beradab, yaitu kembali ke cara2 rasulullah

  56. allohuakbar yaaaa alloh aku rindu khilafah

  57. laillahaillaloh khalifah urrasyid-ah

  58. subhanallah, maha besar Engkau Ya-Allah. Tak ada seorang pun yang meragukan kekuatan umat islam, lihat saja, janji Allah tidak lama lagi akan tiba! ALLAHU AKBAR!!!

  59. tegak kan khilafah,, selagi nyawa masih ditegorokan kan kt semua,,,, allahu akbar allahu akbar allhu akbar

  60. dikatakan dalam seminar panggung intelektual muda, dimana dalam islam kita tidak mengenal negara dan presiden, yg mana yang ada adalah khilafah. lantas ketika kita menyikapi hal ini, secara dialektis kita pun harus mengakui bahwa perkembangan era kini adalah dengan adanya pembagian menurut negara, yg inipun menimbulkan semangat nasionalisme, kita berkaca bahwa dizaman khilafah, kita lbh populer dengan penamaan kerajaan. Langkah strategis dan teknis seperti apa yang paling tepat dalam menghadapi permasalahan ini?