Diskriminasi Muslim di Prancis Hingga ke Urusan Cari Pekerjaan

Kaum Muslim di Prancis lebih sulit mencari pekerjaan dibandingkan Kristen. Demikianh studi yang dilakukan oleh peneliti dari National Academy of Sciences.

Tim yang beranggotakan peneliti dari Amerika Serikat dan Prancis ini mengirimkan 275 pasang lamaran pekerjaan dengan data-data yang identik, antara lain keturunan Senegal. Bedanya, yang satu menggunakan nama Kristen dan satunya lagi menggunakan nama Muslim.

Lamaran fiktif ini kemudian dikirimkan ke perusahaan yang sama yang mengiklankan perlu pegawai. “Nama Marie Diouf memperoleh 38 respons positif, dan Khadija Diouf hanya 38 persen atau dua pertiga lebih sedikit,” demikian antara lain bunyi simpulan studi.

Sebuah studi sebelumnya pada tahun 2009 yang meneliti 511 orang Kristen dan Muslim asal Senegal di Prancis menemukan bahwa rumah tangga Muslim memperoleh rata-rata  400 euro lebih sedikit dibandingkan rumah tangga Kristen. (republika.co.id, 23/11/2010)

One comment

  1. “Nama Marie Diouf memperoleh 38 respons positif, dan Khadija Diouf hanya 38 persen atau dua pertiga lebih sedikit,”
    saya tidak paham maksudnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>