Konvoi Kapal Perang Rusia Kembali Bergerak ke Suriah

Rusia kembali mengirimkan konvoi kapal perang menuju pelabuhan Tartus di Suriah, Selasa (10/7/2012). Sumber militer Rusia membantah pengerahan kapal-kapal perang itu berkaitan dengan kondisi terakhir konflik berdarah di Suriah.

Kantor berita Interfax yang dikutip Agence France Presse (AFP) mengatakan, Rusia mengirimkan enam kapal perang ke Laut Tengah. Konvoi tersebut meliputi kapal perusak antikapal selam Admiral Chabanenko dan tiga kapal pendarat dari Armada Utara Angkatan Laut (AL) Rusia.

Empat kapal tersebut dilaporkan telah meninggalkan pangkalannya di Severomorsk, dekat Lingkaran Artik, Selasa pagi. Interfax menyebutkan, empat kapal dari Armada Utara itu akan bergabung dengan kapal fregat Yaroslav Mudry dan sebuah kapal pendukung di Laut Tengah.

Sementara itu, Reuters melaporkan, satu kapal perusak antikapal selam Smetlivy juga diberangkatkan dari pangkalan Armada Laut Hitam AL Rusia di Sevastopol, Selasa pagi.

Menurut sumber di AL Rusia yang tak mau disebutkan namanya, kapal tersebut juga akan menuju Suriah. Sumber yang dikutip Interfax mengatakan, pemberangkatan konvoi kapal perang itu bagian dari rencana kesiapan militer armada Rusia saja.

Mereka akan ditempatkan di kawasan Laut Tengah sampai September, dan akan mampir di fasilitas AL Rusia di Tartus, Suriah, untuk mengambil pasokan logistik, seperti bahan bakar, air minum, dan bahan makanan.

Sumber tersebut menegaskan, misi AL Rusia itu tak ada kaitannya dengan situasi konflik berdarah di Suriah dan tekanan dunia internasional yang makin besar. (kompas.com, 10/7/2012)

Baca juga :

  1. AS Kirim Kapal Perang Terbesar ke Pakistan
  2. Israel Siap Halau Konvoi Kapal ke Gaza
  3. Kapal Perang AS Berdatangan di Georgia
  4. Inggris Kirim Kapal Perang Ke Timur Tengah Untuk Mencegah Pendanaan Terorisme
  5. Menteri Luar Negeri Rusia: Pergantian Rezim di Suriah Dapat Menyebabkan “Bencana”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


5 + 9 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux