Sanlat Ramadhan: Remaja Smart with Islam

HTI Press. Tidak kurang 80 remaja muslimah baik dari kalangan pelajar SMP, SMA di Kabupaten Tulungagung mengikuti Pesantren Kilat Ramadhan bersama club remaja MHTI DPD II Tulungagung. Acara yang diselenggarakan masih dalam hari libur awal puasa, tepatnya Sabtu 21 Juli 2012 itu, dimulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 14.00. Bertempat di lokasi SD Alam Mutiara Ummat Tulungagung yang sejuk dan rindang dengan pohon-pohon besar, membuat para peserta tetap ceria dan bersemangat mengikuti acara hingga usai, walau dalam kondisi berpuasa.

Menurut ketua panitia, Ibu Halida Nurdiana, SPd. Acara pesantren kilat ini merupakan follow up dari acara-acara yang digelar oleh MHTI DPD II Tulungagung yang diperuntukkan untuk remaja beberapa waktu lalu. Tujuan diadakannya acara ini adalah agar para remaja memiliki semangat yang terus membara dalam belajar dan menuntut ilmu Islam. Disamping itu, juga untuk membekali mereka dengan pola pikir dan pola sikap yang Islami, serta dalam rangka meluruskan opini-opini menyesatkan terkait dengan peringatan hari anak nasional.

Acara inti berupa materi dan diskusi interaktif, mengambil tema : “Jalani Masa Baligh Tanpa Galau”, disampaikan oleh Mbak Yusiana S Si dari MHTI DPD II Tulungagung. Dijelaskan panjang lebar oleh pembicara kepada para remaja yang konon dalam masa rawan krisis identitas tersebut, tentang hakekat naluri dan kebutuhan jasmani yang telah Alloh berikan kepada semua manusia. Serta bagaimana Syariat Islam yang notabenenya merupakan aturan Alloh yang Maha benar mengatur hal tersebut dengan aturan yang sesuai fitrah, menentramkan perasaan dan memuaskan akal.

Disampaikan pula bahwa usia remaja adalah sebaik-baik usia. Rasulullah SAW diawal dakwahnya  yang direkrut mayoritas adalah dari kalangan pemuda, karena pemuda menyimpan berbagai potensi dan sebagai generasi penerus. Para peserta disadarkan agar benar-benar memanfaatkan potensi mudanya untuk perjuangan menegakkan syariat Alloh dalam naungan Khilafah Islam. Inilah yang sangat dibutuhkan oleh seluruh umat manusia saat ini dan yang telah dijanjikan oleh Alloh SWT akan tiba.

Acara Pesantren Kilat Ramadhan diakhiri sekitar pukul 14.00 WIB, dengan agenda acara selanjutnya sesuai kesepakatan peserta adalah mengikuti Kajian Islam Remaja baik secara intensif maupun insidental yang diselenggarakan MHTI DPD II Tulungagung. Teriring do’a semoga mereka menjadi mujahidah sejati. Aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin.[]

Materi oleh Mbak Yusiana S.Si

Materi oleh Mbak Yusiana S.Si

Menyusun Puzzel Peta Wilayah Daulah Islam

Menyusun Puzzel Peta Wilayah Daulah Islam

Para Peserta Sanlat

Para Peserta Sanlat

Sholat Dhuhur di Alam Terbuka

Sholat Dhuhur di Alam Terbuka

Baca juga :

  1. Remaja Luar Biasa “SMART With Islam”
  2. Halal Bi Halal Remaja Smart With Islam
  3. Diskusi Interaktif Remaja Smart Tulungagung
  4. Liqo’ Syawal Pelajar MHTI Bogor 1433 H “Remaja Smart With Islam, On The Way To Surga”
  5. Talkshow Remaja Smart With Islam “Eksis Syar’i Remaja Islam: Eksisnya Tetep, Pahalanya Dapet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


3 + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site