Begini Cara Caleg ‘Berterimakasih’ Kepada Penyumbang Dana

Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang mengatakan, partai politik sering mencari orang yang punya uang untuk maju menjadi calon anggota legislatif.

Caleg tersebut mendapatkan dana kampanye mungkin berasal dari perusahaan dan korporasi. Ketika caleg yang didanai perusahaan atau korporasi itu sukses jadi anggota DPR, ujar Sebastian, maka ia harus memberikan imbalan balik kepada penyumbang dana.

Proyek merupakan imbalan yang paling mudah bagi penyumbang dana kampanye. Sehingga banyak politisi berusaha mengamankan kepentingan korporasi.

Menurutnya, sumbangan perusahaan bagi pendanaan  parpol atau kampanye caleg itu berbahaya. Sebab perusahaan bisa menjadi penentu kebijakan negeri  ini melalui politisi yang didanainya. “Praktik ini sudah banyak terlihat dalam banyaknya perpanjangan kontrak karya perusahaan tambang,” katanya, Selasa (30/4).

Politisi di pemerintah yang didanai oleh perusahaan tambang, ujarnya,  akan berusaha melakukan  berbagai cara untuk memperpanjang kontrak karya yang sudah habis. Undang-Undang yang sarat dengan kepentingan korporasi dan asing juga banyak dibuat oleh politisi semacam ini.

Komisi Pemilihan Umum (KPU), kata Sebastian, tidak mungkin melakukan investigasi terhadap pendanaan para caleg yang melakukan kampanye. Kemungkinannya KPU melacak hal ini sangat kecil. Untuk melacak  caleg ganda saja, KPU masih kesulitan, apalagi melacak dana kampanye caleg. (republika.co.id, 30/4)

Baca juga :

  1. Penyumbang Dana Kampanye SBY Diduga Terafiliasi Asing
  2. Caleg Habiskan Dana Miliaran Rupiah
  3. Demokrat: Caleg Minimal Butuh Rp 100 Juta
  4. Gus Sholah: Caleg Busuk Susah Tercium
  5. Eva Sundari Minta PPATK Lacak Dana BS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


5 − = 3

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux