Masirah Panji Rasulullah dan Tabligh Akbar Jambi

mapara Jambi (5)HTI Press, Jambi. Ahad, 16 April 2017 bertempat di masjid jami’ As Saadah Kota Jambi, kegiatan tabligh akbar yang diselenggarakan oleh HTI Jambi berjalan dengan aman dan baik. Dihadiri oleh sekitar 200 kaum muslimin dan muslimat dari berbagai kalangan profesi dan ormas islam.

Rangkaian acara seyogyanya dimulai dengan masirah Panji Rasulullah dari Masjid Nur Taqwa menuju Masjid Jami’ As Saadah tempat tabligh Akbar. Namun, 3 hari menjelang pelaksanaan ada beberapa pihak yang tidak berkenan dengan kegiatan HTI Jambi. Upaya negosiasi yang dipimpin pihak Polda Jambi memutuskan untuk meniadakan acara Masirah atau pawai berlangsung. Sehingga kesepakatan hanya diperbolehkan untuk acara Tabligh Akbar di dalam masjid jami’ As Saadah. Bukan hanya pemotongan rangkaian acara, pihak yang kontra juga menginginkan tema tabligh diganti, tidak boleh ada “khilafah” di dalamnya. Untuk itu panitia mengganti acara tabligh akbar dengan tema “Islam Kaffah kewajiban syar’i jalan kesempurnaan umat”. Acara tabligh juga mendapat pengawalan dari saudara-saudara ormas islam seperti FPI dan AUI (Aliansi Umat Islam) karena mereka juga mendengar adanya tekanan untuk menggagalkan acara ini. Sebuah bentuk ukhuwah yang ditunjukkan dalam dakwah Islam.

Alhamdulillah acara tabligh berlangsung dengan aman meski ada ancaman di sana sini. Kegiatan tabligh dibuka oleh sambutan DKM Masjid jami’ As sa’adah (H. Bunyamin) kemudian sambutan oleh ketua DPD I HTI Jambi (Ust.Rahman S.ST.Pi). Adapun pembicara dalam acara ini yakni Ust. Endro Prasetyo (DPD I HTI Jambi) yang menyampaikan tema “Indonesia dan dunia Islam dalam Ancaman Neo Liberalisme dan Neo Imperialisme”. Selaku Pembicara ke-2 yakni Ust. Irfan Anshory (DPD II HTI Kota Jambi) membawakan tema “Khilafah Kewajiban Syar’i jalan kesempurnaan umat”. Dan selaku pembicara terakhir adalah Ust. Abdullah Fanani (DPP HTI) membacakan “Seruan untuk menegakkan Khilafah”. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Ust. H. Muhammad Idris.

Sebelum peserta membubarkan diri, rangkaian acara Tabligh diakhiri dengan ibadah sholat dhuhur berjama’ah dan bersyukur kepada Allah atas segala perlindungannya sehingga acara tabligh bisa berjalan dengan lancar dan aman. Kita semua yakin bahwa Allah memenuhi janjiNya dan melindungi kita semua dari segala macam bentuk hambatan yang menghadang.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>