Rihlah Akbar MHTI Tulungagung Kenalkan Panji Rasulullah

HTI Press. Tulungagung. Kibaran panji Rasulullah, al-Liwa’ dan ar-Rayah tampak menyejukkan pandangan di tengah teriknya matahari di Pantai Gemah Kec. Besuki, Ahad (23/4/2017). Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia (MHTI) DPD II Tulungagung pada hari itu menyelenggarakan Rihlah Akbar yang bertajuk “Mengenal Panji Rasulullah Saw, Al-Liwa dan Ar-Rayah”. Hembusan angin di tepi pantai membelai sekitar 200 peserta yang sangat bersemangat mengikuti acara. Bahkan pengunjung lain pun ada pula yang turut memperhatikan serunya acara pengenalan panji Rasulullah ini.

MHTI Tulungagung

Acara yang dilaksanakan pada pukul 07.00 s.d 11.00 WIB ini dibuka oleh Ibu Elok Sektiyo Rini, S.Pd. I selaku host. Peserta dibagi menjadi 10 kelompok, setiap kelompok diisi oleh satu pemateri. Para pemateri begitu menggelora dalam mengenalkan panji Rasulullah kepada para peserta.

Panji al-Liwa dan ar-Rayah merupakan simbol kepemimpinan, simbol filosofis azas negara yang dibangun oleh Rasulullah saw. berdasarkan akidah Islam, simbol akidah Islam, dan simbol persatuan kaum muslimin dalam ikatan akidah Islamiyah. Panji inilah yang akan mempersatukan umat di dunia, tanpa melihat bangsa, suku, maupun warna kulit mereka.

Ibu Reny Widya Widati sebagai salah satu pemateri menjelaskan bahwa dulu para sahabat saling berebut untuk mendapatkan al-Liwa, yang menandakan akan ditunjuk sebagai panglima perang, ketika itu para sahabat merasa bangga dan bahagia menerimanya.

diskusi

“Panji inilah simbol kekuatan umat Islam. Maka, rasa bangga itu pun harusnya juga muncul dalam diri kita terhadap panji warisan Rasulullah ini” jelasnya.

Di akhir acara, Ibu Azzah Susilorini yang mewakili ketua MHTI DPD II Tulungagung berharap agar peserta lebih bersemangat lagi dalam menuntut ilmu, memperjuangkan Islam, memperjuangkan kalimat tauhid, memperjuangkan panji Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam dalam rangka menegakkan Khilafah Rasyidah.

Acara ditutup dengan doa oleh Ibu Kuswandari, S Pd. Setelah itu peserta pun dipersilakan tadabur alam, menikmati indahnya Pantai Gemah.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>